Selasa, 12 Juli 2011

Wisuda


Cara pandang masing-masing orang terhadap sesuatu itu berbeda-beda. Tergantung dari sudut mana dia memandang. Tergantung pula bagaimana cara dia memandang.

Wisuda. Ada yang bilang wisuda itu adalah sebuah "akhir". Ada juga yang bilang wisuda adalah sebuah "awal". Kalau anda pribadi milih yang mana?

Saya rasa dua-duanya ada benarnya. Tapi juga ada kelemahannya. Yang menganggap wisuda bebagai "akhir" artinya dia berfikir secara parsial. Dia hanya melihat proses belajar di perguruan tinggi dari keseluruhan perjalanan hidup. Wisuda dijadikan sebuah happy ending. Setelah itu tidak dipikirkan lagi.

Bagaimana dengan yang berpendapat wisuda sebagai "awal". Sama saja, dia terjabak pada pola berfikir yang parsial. Dia hanya fokus melihat ke depan, segala sesuatu yang akan dilalui setelah wisuda. Seolah-olah kita menghilangkan aspek kebahagiannya disini.

Kalau saya lebih suka berfikir komprehensif. Wisuda adalah satu bagian dari proses panjang, yaitu hidup. Jadi, bahasa kerennya wisuda is a part of my life. Disini wisuda bukan awal atau akhir, tapi sebuah momen indah dalam hidup, sweet moment. Dengan demikian saya tidak kehilangan aspek kebahagiannya. Selain itu saya tetap bisa mengambil pelajaran darinya. Bahwasannya saya pernah memperoleh kebahagiaan dari hasil kerja keras yang saya lakukan.

Dengan begitu, mudah-mudahan bisa menumbuhkan semangat kita untuk lebih kerja keras lagi demi mencapai the real happy ending.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar