Selasa, 23 November 2010

Berpikir Aneh

Awalan “ter-“ memiliki makna “paling”. Di dunia ini banyak manusia atau benda yang menyandang gelar ter- atau paling. Misalnya saja manusia terpandai atau manusia paling pandai, manusia terbodoh atau manusia paling bodoh, dan batu terkeras atau batu paling keras. Bisa juga satu objek memiliki predikat ter- atau paling lebih dari satu. Sebagai contoh, “Ayu adalah gadis tercantik, terpandai, terkaya, dan terwangi.”

Pertanyaannya sekarang “ Adakah suatu objek yang memiliki predikat ter-“tidak paling”?”. Logikanya, apapun yang kemudian dinobatkan menjadi ter-“tidak paling” maka dia otomatis mempunyai gelar kepalingan. Bisa jadi, karena penobatannya itu, objek tersebut gugur sebagai ter-“tidak paling”.

Baiklah, kali ini saya akan membuktikan bahwa objek yang memiliki predikat ter-“tidak paling” itu mungkin ada. Taruhlah misalkan saya mempunyai himpunan (ingat pelajaran matematik) yang beranggotakan semua manusia di dunia ini. Misalkan jumlah kategori kepalingan yang ada di dunia ini 10 kali jumlah manusia sehingga setiap manusia bisa memiliki gelar kepalingan lebih dari satu. Misalkan juga pada kasus ini semua orang kecuali si X memiliki gelar kepalingan lebih besar atau sama dengan 3 (tiga) sedangkan si X hanya mempunyai 1 (satu) gelar kepalingan. Dengan demikian apabila kita tetapkan si X menjadi manusia ter-“tidak paling” maka dia akan mempunyai 2 (dua) gelar kepalingan dan tetap menyandang gelar ter-“tidak paling”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar