Minggu, 25 April 2010

Dongeng Perminyakan: Petroleum System

Tulisan ini saya peruntukkan bagi siapa saja yang ingin berkenalan dengan dunia perminyakan. Satu hal yang unik yang membedakan teknik perminyakan dengan teknik-teknik lain pada umumnya adalah “The system is given, not made.” Di dalam teknik perminyakan kita tidak membuat sistem baru tetapi mengelola sistem yang telah ada. Tujuan dari pengelolaan sistem ini adalah untuk bisa mengeksploitasi semaksimal mungkin dan seekonomis mungkin.

Sebelum mengelola, tentunya kita harus tau terlebih dahulu sistem seperti apakah yang akan kita kelola. Sistem ini, kita sebut petroleum system, merupakan sistem batuan di bawah permukaan bumi yang didalamnya terkumpul sejumlah hidrokarbon.

Dengan demikian, paling tidak terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi agar bisa terbentuk petroleum system. Syarat yang pertama adalah terdapatnya batuan source rock yang telah matang. Pada batuan inilah minyak dan gas bumi terbentuk. Syarat yang kedua adalah terdapatnya batuan yang berfungsi sebagai carrier bed. Melalui batuan inilah terjadi migrasi hidrokarbon dari source rock ke perangkap atau trap. Syarat yang ke tiga adalah terdapatnya perangkap atau trap. Agar hidrokarbon bisa terjebak di dalam trap maka trap ini berkaitan dengan geometri atau bentuk, wadah atau pori-pori batuan, dan lapisan tudung yang menghalangi hidrokarbon terus bergerak hingga permukaan.

Ketiga syarat tadi harus teridentifikasi sebelum kita memutuskan untuk mengeksploitasi minyak dan gas bumi. Ilmu mengenai petroleum system ini masih terus berkembang seiring dengan penemuan-penemuan baru di lapangan. Misalnya tentang basement reservoir yang sebelumnya tidak pernah dilirik dalam eksprolasi minyak bumi.

4 komentar:

  1. emang basement reservoir konsep petroleum system-e beda pa karo reservoir liyane?? Mbok pada bae, ana source rock juga.. basement mung dadi reservoir-e??

    BalasHapus
  2. kalo konsep dulu kan basement dikira ga bisa jadi reservoir...

    BalasHapus
  3. takon lah karo geologist yang selalu thinking out of the box.

    BalasHapus
  4. thinking out of the box like a geologist

    BalasHapus